Single Blog

image description

Yayasan Ini Berikan Bantuan bagi Keluarga dan Pasien Positif Covid-19 yang Kurang Mampu

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Yayasan Gerakan Indonesia Sadar Bencana (Graisena), membuat sebuah program bantuan bagi keluarga berpenghasilan rendah, yang kepala keluarga atau pencari nafkah utamanya harus diisolasi karena menjadi PDP (Pasien Dalam Pengawasan) maupun positif terkena Covid-19.

 

Program bantuan ini, diperuntukkan bagi anggota keluarga yang kepala keluarganya terdampak virus corona. Sehingga terpaksa harus berhenti bekerja dan menjalani masa isolasi selama 14 hari.

 

“Bantuan ini untuk keluarganya yang ditinggalkan selama isolasi, untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga yang tidak diberikan nafkah selama masa isolasi,” ujar Ketua Yayasan Graisena Ngademin Agung Firmansyah kepada Ayobandung.com, Kamis (19/3/2020).

 

Setiap anggota keluarga penerima bantuan, akan mendapatkan dana sebesar Rp20.000 per orang, selama masa isolasi yakni 14 hari. Artinya, setiap orang dalam keluarga tersebut, akan menerima dana masing-masing Rp20.000 per hari.

 

“Misal ada seoang kepala keluarga sedang diisolasi, meninggalkan satu istri dan tiga orang anak. Maka bantuan yang diberikan sejumlah empat anggota kekuarga, dikalikan Rp20.000, dikalikan14 hari. Jadi bantuannya sebesar Rp1.120.000,” jelas Agung.

 

Tahapan pendaftaran atau permohonan bantuannya pun cukup mudah. Anggota keluarga atau kerabat yang bersangkutan, tinggal  mengontak narahubung terkait, dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Seperti berkas diagnosa dari pihak berwenang dan tanda pengenal pasien PDP maupun positif Covid-19.

 

Nantinya, tambah Agung, berkas tersebut akan diverifikasi oleh tim Yayasan Graisena untuk melihat kondisi ekonomi keluarga yang bersangkutan. Sebab, pihaknya ingin bantuan tersebut tepat sasaran dan diberikan kepada pihak yang membutuhkan 

 

“Kita juga men-screening kondisi ekonominya. Apabila cukup mampu, itu tidak menjadi sasaran kami. Ada tim verifikasi, relawan yang bertugas untuk meneliti berkas yang dilampirkan oleh pemohon,” tambahnya.

 

Hingga saat ini, terangnya, sudah ada puluhan orang yang mengajukan bantuan. Hanya saja, tidak semuanya lolos tahapan verifikasi dan masuk ke dalam kriteria layak membutuhkan bantuan.

 

“Yang jelas tidak begitu banyak. Kalau pengajuan yang masuk itu banyak sekali puluhan. Akan tetapi yang memenuhi kriteria itu tidak sekian banyak,” terangnya.

 

Agung mengatakan, apabila proses verifikasi selesai pada hari ini, Kamis (19/3/2020), bantuan dana tersebut sudah bisa mulai disalurkan esok hari.

 

Terakhir, Agung menegaskan, program bantuan dana akan selalu dibuka, sampai situasi wabah virus corona di Indonesia mulai membaik.

 

“Sepanjang ini situasinya masih seperti sekarang, ini kita masih membuka,” 

 

Griasena merupakan sebuah yayasan yang fokus terhadap program penanggulangan bencana. Mulai dari fase prabencana, waktu bencana, dan pascabencana.

 

Sumber artikel : https://www.ayobandung.com/read/2020/03/19/83210/yayasan-ini-berikan-bantuan-bagi-keluarga-dan-pasien-positif-covid-19-yang-kurang-mampu

  • SHARE
  • TWEET
  • PIN

Leave Comment